Kabarbmr.com, KOTAMOBAGU – Debat publik pasangan calon walikota dan wakil walikota Kotamobagu yang diprediksikan bakal memanas, ternyata aman-aman saja dan lancar. Bahkan menurut berbagai kalangan, penampilan pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Kota Kotamobagu; Tatong Bara-Nayodo Koerniawan (TBNK) dan Jainudin Damopolii-Suharjo Makalalag (JADI JO), diapresiasi karena sudah tampil prima saat berdebat, Senin (16/04/18) siang hingga sore. Sudah seharusnya mereka menyampaikan visi dan misi terkait dengan pembangunan Kota Kotamobagu lima tahun ke depan secara gamblang, lugas dan dimengerti oleh rakyat. “Sebagai calon pemimpin memang sudah seharusnya mereka (paslon, red) tampil dengan performa terbaiknya, agar masyarakat yang nantinya akan memilih merasa yakin dengan pilihannya,” tegas salah seorang undangan debat yang tidak ingin dipblikasi namanya.
Sementara itu, Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon, didampingi empat komisioner lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo, Amir Halatan dan Ridwan Kalauw, meminta maaf atas berbagai kekurangan yang terjadi selama jalannya debat.
“Kami (KPU Kota Kotamobagu, red) sudah berusaha semaksimal mungkin mengemas acara debat yang digelar di Gedung DPRD Kota Kotamobagu dengan baik, meski diakuinya masih terdapat kekurangan di sana-sini.
Masih menurut Nova, jauh-jauh hari KPU Kota Kotamobagu juga sudah berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk pengamanan, baik dari Polri maupun TNI. “Beberapa hari sebelum debat, Kapolres Bolmong memang sempat meminta lokasi debat di Gedung DPRD Kota Kotamobagu ditinjau, mengingat saat ini sedang ada proyek pembuatan gorong-gorong dan banyaknya material di sekitar lokasi. Jangan sampai kalau terjadi apa-apa, material bangunan tersebut bisa saja digunakan untuk melempar antar massa.”
Bersyukur apa yang ditakutkan tidak terjadi. Bahkan pelaksanaan debat berlangsung sangat menarik dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami berterimakasih kepada Moderator; Angie Kuntag, yang sudah memandu jalannya debat dengan baik, dari awal hingga akhir berjalan dinamis dan menarik,” kata Iwan Manoppo, penanggungjawab debat pertama ini.
Iwan, atas nama KPU Kota Kotamobagu juga mengucapkan terimakasih kepada para panelis yang sudah dengan tekun menyusun pertanyaan kepada paslon di debat pertama ini. “Mudah-mudahan di debat kedua nanti semuanya akan lebih baik lagi,” tegas Iwan.
Ucapan terimakasih juga disampaikan komisioner KPU Kota Kotamobagu lainnya; Asep Sabar. Kata dia, sukses jalannya debat juga karena kesadaran semua pihak, termasuk tim pendukung pasangan calon, untuk sama-sama menjaga suasana debat menjadi lebih dinamis dan damai. “Alhamdulillah, tidak ada gesekan atau hal-hal lain yang berdampak. Justru yang terjadi sebaliknya, sangat meriah.” (**)

TIDAK ADA KOMENTAR