Rapat Pleno Rekapitulasi Jumlah Dukungan Hasil Verifikasi Faktual Pasangan Calon Perseorangan di Kecamatan Kotamobagu Barat

Kabarbmr.com, Kotamobagu—Rapat Pleno dan Rekapitulasi hasil Verifikasi Faktual Pasangan Calon Perseorangan di Kecamatan Kotamobagu barat, selesai dilaksanakan sekita pukul 15.00 WITA. Pleno yang di Pimpin Langsung Ketua PPK Kotamobagu Barat Hisam Paputungan dan dihadiri Panwascam, LO, serta PPS, menetapkan jumlah Dukungan Pasangan Bakal Calon JADI-JO yang memenuhi syarat berjumlah 2.754. Sedangkan TMS sebanyak 261.

Jika jumlah tersebut dikalkulasi dengan Kecamatan Kotamobagu Timur 2.494, Kotamobagu Utara 1.496, dan Kotamobagu Selatan 1.888, maka total dukungan yang memenuhi syarat se Kota Kotamobagu berjumlah 8.632.

Ini artinya, Pasangan ini masih harus menambah jumlah 49 X 2 = 98 dukungan sebagaimana syarat untuk bisa mendaftar melalui jalur perseorangan.

Namun demikian, jumlah dukungan yang telah memenuhi syarat ini, masih akan diplenokan di Tingkat KPU Kota Kotamobagu, yang sesuai agenda digelar pada tanggal 29-30 Desember 2017.

Hasil Pantauan kabarbmr.com di Lokasi pelaksanaan pleno, ada beberapa catatan penting yang disampaikan Panwas saat rekapitulasi. Mulai dari Video Call yang tidak disertai Surat keterangan, Laporan Masyarakat yang ingin menarik dukungan, sampai dengan dugaan pelanggaran oleh anggota PPS di Kelurahan Mongkonai barat yang tidak menjumpai sejumlah masyarakat untuk disensus dukungannya, namun di tetapkan sebagai MS dalam berita acara.

Ditanya soal dugaan pelanggaran tersebut, kepada kabarbmr.com iwan menuturkan, “Untuk dugaan pelanggaran, Panwascam tidak dalam posisi meng-MS- kan atau men-TMS-kan yang bersangkutan”, kata Anggota Panwascam Kotamobagu Barat Irwan Hemuto. Irwan menegaskan, “ Panwas hanya menyampaikan ke forum rapat bahwa, ada temuan kami yang diduga ada unsur pelanggaran disitu. Dan ketika Pihak PPK dan LO meminta agar semua permasalahan diselesaikan di rapat, tentu kami tidak bisa melakukan itu”, ujarnya.

“Silahkan Rapat Pleno menetapkan total jumlah dukungan sesuai hasil verifikasi faktual. Bagaimanapun hasilnya, bagi kami tidak ada masalah. Sebab apapun problem baik laporan masyarakat ataupun temuan, nanti akan diselesaikan di tingkat yang lebih tinggi”, tutup irwan.  (flo)

TIDAK ADA KOMENTAR