Kabarbmr.com, Kotamobagu— Meroketnya harga berbagai komoditi pasar menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, membuat Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kotamobagu melakukan Inspeksi mendadak ke Pasar Tradisional Kotamobagu, kamis (21/12/2017), untuk mencari tahun penyebab naiknya harga komoditas pangan di pasar.

Cabai Rawit dan Cabai Merah Besar, adalah dua komoditas yang mengalami kenaikan harga secara signifikan. Jika sebelumnya harga cabai rawit misalnya berkisar di angka Rp. 40.000/kg, saat ini mencapai 50.000/kg.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Herman Aray mengungkapkan bahwa, “Kenaikan harca cabai terjadi karena masa panen yang tidak bersamaan. Dengan demikian, maka otomatis stok menjadi kurang. Disamping itu, faktor cuaca ekstreem yang terjadi beberapa bulan terakhir ini, mengakibatkan kerusakan pada tanaman Cabai.

Herman menambahkan, “Namun demikian, harga untuk kebutuhan lainnya masih tergolong stabil. Seperti bawang putih, bawang merah, tomat, dan lainnya. Meski faktor cuaca yang saya sebutkan tadi, sedikit menghambat distribusi barang dari Petani ke Pedagang di Pasar”, tutupnya. (Flo)

TIDAK ADA KOMENTAR