Rumah Pintar Pemilu

Berbagai terbosan dan inovasi dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serta Pemilihan Umum, terus dilakukan KPUD Kota Kotamobagu. Salah satunya dengan cara menyediakan sarana informasi Pemilu ber-wadah ‘Rumah Pintar Pemilu’/“Baloi Pololibo’an” atau dalam bahasa indonesia berarti “Rumah Tempat Bertanya”.

Disini, masyarakat akan mendapatkan semua informasi tentang Penyelenggaraan Kepemiluan. Sejerah Pemilu pertama di indonesia sejak zaman Pemerintahan Orde Lama Presiden Soekarno, Pemilu zaman Orde Baru, sampai dengan Pemilu dimasa reformasi lengkap dengan Dokumentasi dan data Partai Politik yang menjadi peserta.

Tak sampai disitu, Rumah Pintar Pemilu yang berlokasi di Kantor KPUD Kota Kotamobagu ini, juga menyajikan informasi sejarah lengkap Pemilu di Kota Kotamobagu. Seperti Pemilihan Walikota Kotamobagu mulai dari periode pertama, dan Pemilihan Anggota Legislatif. Semua disertai Dokumen kepesertaan, lengkap dengan informasi Sistem Pemilunya. Seperti Sistem Proporsional terbuka dan tertutup.

Komissioner Iwan H.P Manoppo saat diminta keterangannya mengatakan, “Rumah Pintar Pemilu ini merupakan Program Sosialisasi dari KPU-RI untuk memberikan informasi tentang Pemilu. Harapannya program ini dapat memberikan efek terhadap partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Pilwako dan Pileg nanti”.

Komissioner Iwan H.P Manoppo Saat Menerima Kunjungan Beberapa Tokoh Masyarakat di Rumah Pintar Pemilu.  Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Ini Terobosan Baru KPU 24313190 152320665530993 7301189475024003463 o
Komissioner Iwan H.P Manoppo Saat Menerima Kunjungan Beberapa Tokoh Masyarakat di Rumah Pintar Pemilu.

“Tidak semua KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mendapatkan program ini”, beber Iwan Manoppo. “Hanya beberapa KPU saja dipilih untuk melaksanakan sosialisasi model Rumah Pintar Pemilu. Kami tidak tahu kriteria seperti apa KPU-RI gunakan, tapi Alhamdulillah, KPUD Kota Kotamobagu salah satu yang dipilih untuk melaksanakan program tersebut”, imbuhnya.

Iwan menambahkan, “Tempat ini akan dilengkapi dengan Maket model TPS termasuk ruang simulasi. Itu lebih ke Pemilih Pemula agar mereka tahu dan faham, supaya di TPS nanti mereka tidak lagi kaku”. Dan setelah Rumah Pintar Pemilu ini diluncurkan beberapa waktu lalu, sudah banyak pengunjung yang datang. Mulai dari Tokoh Masyarakat, Pemilih Pemula, dan elemen masyarakat lain”, tutupnya. (flo)

TIDAK ADA KOMENTAR