Suasana seminar fiskal diikuti Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara.

Kabarbmr.com, Kotamobagu—Pengetahuan tentang problem  keuangan daerah dan nasional mendapat perhatian Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara.

Nyatanya, Rabu (18/10/2017) siang tadi, Tatong Bara menghadiri seminar nasional dalam rangka peringatan Hari Oeang (uang.red) tahun 2017 yang digelar Kementerian Keuangan (Kemenkeu),

Seminar yang mengangkat tema ‘Refleksi Dinamika Desentralisasi Fiskal dalam Kerangka Hubungan antara Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah’ tersebut  dihadiri oleh seluruh kepala daerah tingkat provinsi, serta kabupaten dan kota se-Indonesia.

Hadir sebagai pembicara dalam seminart itu, adalah Wakil Menkeu Mardiasmo, Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo dan Blane Lewis dari World Bank. “Seminar tersebut lebih bertujuan untuk mengevaluasi kembali pelaksanaan desentralisasi fiscal, guna mensinergikan pemikiran dari berbagai pemangku kepentingan guna memperbaiki desaign kebijakan desentralisasi fiskal ke depan,” ujar Tatong.

Sementara itu, Wakil Menkeu Mardiasmo mengatakan kalau seminar tersebut digelar berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. “Banyak dinamika perubahan yang terjadi selama desentralisasi keuangan dalam kurun waktu 17 rahun belakangan. Sejalan dengan itu, masih terdapat berbagai permasalahan dan tantangan yang perlu menjadi perhatian bagi seluruh pemangku kepentingan,” ucap Mardiaasmo.(oni)

TIDAK ADA KOMENTAR