Konsultasi Publik tentang Nilai Konservasi Tinggi bakal area Sawit di Bolmong, digelar di ruang Paripurna Hotel Senator Kotamobagu. Tampak Kepala Dinas Pertanian, Ir Taufik Mokoginta, mewakili Bupati Bolmong (tengah), Direktur PT Karunia Kasih Indah Izenzee Grup) pengembang Sawit (kiri), dan peneliti IPB, DR IR Jarwadi Budi MSc (kanan).

Kabarbmr.com, Kotamobagu—Setelah melakukan penelitian tentang dampak sosial, lingkungan dan konservasi pada lahan sawit dan bakal area sawit di Bolaang Mongondow (Bolmong) Mei 2016 lalu, peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB), melakukan konsultasi publik mengenai Nilai Konservasi Tinggi (NKT) di area bakal Sawit yang sudah diteliti.

Suasana Konsultasi Publik peneliti IPB terhadap bakal area sawit di Bolmong.  Peneliti IPB Konsultasi Publik Soal Nilai Konservasi Tinggi Bakal Area Sawit di Bolmong Sawit Senator 3
Suasana Konsultasi Publik peneliti IPB terhadap bakal area sawit di Bolmong.

Konsultasi publik dihadiri Dinas Pertanian dan Perkebunan Bolmong, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Camat, Sangadi di kawasan pesisir pantai utara dan selatan Bolmong, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), digelar di ruang Paripurna Hotel Senator, Rabu pagi (20/09/2017).

Peneliti IPB, DR Ir Jarwadi Budi MSc, dalam paparan hasil penelitian, membuat batasan-batasan NKT yang harus diindahkan pihak investor sawit PT Karunia Kasih Indah (Izenzee Grup).

Kepala BLH Bolmong, Ir Moh Yudha Rantung (depan, kedua dari kiri).  Peneliti IPB Konsultasi Publik Soal Nilai Konservasi Tinggi Bakal Area Sawit di Bolmong Sawit Senator 4
Kepala BLH Bolmong, Ir Moh Yudha Rantung (depan, kedua dari kiri).

Hal itu meliputi garis sepandan sungai,  hutan lindung, kayu eboni, jenis satwa Yaki (Macaca Nigra), merpati hutan, burung kalong dan lainnya. “Itu semua harus dilindungi, tidak boleh dijamah oleh aktifitas Sawit,’’kata Jarwadi.

Menurut Jarwadi, penelitian mereka pada NKT ini spesifik pada keaneragaman hayati, mozaik, habitat endemik dan jasa ekosistem. “Dari penelitian kami, tidak ada lagi hutan primer (baca; hutan perawan, red) di kawasan bakal sawit ini,’’ungkapnya. “Setelah konsultasi publik ini, (hasilnya) akan direview,’’tambahnya.

Peserta Konsultasi Publik Nilai Konservasi Tinggi.  Peneliti IPB Konsultasi Publik Soal Nilai Konservasi Tinggi Bakal Area Sawit di Bolmong Sawit Senator 2
Peserta Konsultasi Publik Nilai Konservasi Tinggi.

Paparan peneliti IPB ini, diapresiasi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bolmong, Ir Taufik Mokoginta, yang mewakili Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredo Mokoagow, membuka dan menutup gelaran konsultasi publik itu.

“Sedari awal menyimak, saya mendengar dan melihat hasil penelitian dari pihak konsultan IPB, sangat memihak masyarakat. Ini tentu sekaligus warning bagi investor agar dalam aktifitasnya tetap berpegang pada batasan-batasan yang nanti disepakati,’’kata Taufik Mokoginta, seraya melirik pengembang sawit di Bolmong, Direktur PT KKI, Cipto, yang duduk di samping kirinya.

Peserta Konsultasi Publik NKT di ruang Paripurna Hotel Senator Kotamobagu.  Peneliti IPB Konsultasi Publik Soal Nilai Konservasi Tinggi Bakal Area Sawit di Bolmong Sawit Senator 5
Peserta Konsultasi Publik NKT di ruang Paripurna Hotel Senator Kotamobagu.

Kata Taufik, Pemerintah Daerah Bolmong, menyambut baik semua investasi yang memihak kepentingan masyarakat. “Hanya perlu diingat, (investasi sawit) agar tidak merambah pada lahan produktif seperti persawahan. Karena dari sektor ini mampu meningkatkan pendapatan per kapita di Bolmong, stabilitas, dengan hasil per tahun Rp 1,3 triliun,’’sebutnya.(niq)

TIDAK ADA KOMENTAR